Prof Muhadjir: Pendidikan Dimulai Dari Keluarga Dan Perannya Tak Pernah Berakhir

TIK FIP | 17 Mar 2019

   Dalam acara Seminar Nasional PAUD yang dilaksanakan oleh Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (PGPAUD FIP UMJ), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Prof Dr Muhadjir Effendy, MAP berkenan hadir memberikan preliminary speech sebelum dimulainya pemaparan paper dari pemakalah yang hadir. Acara yang bertempat di Aula Fakultas Kedokteran  dan Kesehatan (FKK) UMJ ini diikuti lebih dari dua ratus peserta yang terdiri dari guru PAUD, dosen PAUD dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, pegiat PAUD, dan mahasiswa PAUD serta masyarakat umum. Acara yang dilaksanakan Sabtu 16 Maret 2019 ini, dimulai sejak pukul 8 pagi hingga pukul 6 sore dengan tempat pemaparan makalah peserta di Gedung Fakultas Ilmu Pendidikan.

Acara yang digagas dalam rangka menyemarakkan milad 100 tahun PAUD 'Aisyiyah ini, mengundang pakar PAUD dari Universitas Institut Pertanian Bogor (Universitas IPB), Prof Dr Euis Sunarti, M.Si, Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga BKKBN, Dr dr M Yamin, M.Kes, PKK, dari BKKBN, dan Dr Sukiman, M.Pd selaku Direktur Pembinaan Pendidikan Keluarga Kemdikbud. Guru Besar Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Prof dr Fasli Jalal, Sp.GK, Ph.D menjadi moderator pada acara seminar yang bertemakan Pendidikan Keluarga yang diselenggarakan di kampus Cireundeu tersebut.

      Prof Muhadjir, yang juga mantan Rektor UMM (Universitas Muhammadiyah Malang) memaparkan tentang Kebijakan Kemendikbud dalam PAUD dan Pendidikan Keluarga di Era Disrupsi 4.0.  "Pemerintah memfasilitasi PAUD dan terus mendorong Pendidikan Keluarga guna menyongsong Indonesia Emas 2045," tegas Mendikbud. Beliau juga menggarisbawahi pentingya PAUD berbasis Keluarga. Pemerintah pun juga mengalokasikan anggaran untuk peningkatan kompetensi guru-guru PAUD, tambahnya.

Sementara itu, acara di pagi hari hingga jelang Dzuhur, tiga pemateri memaparkan isu Pendidikan berbasis Keluarga yang diawali pemaparan dari Prof Euis tentang PENGUATAN KELUARGA SEBAGAI BASIS PENGASUHAN DI ERA 4.0. Menurut Guru Besar Bidang Ketahanan dan Pemberdayaan Keluarga ini, perlu kesiapan SDM yang dimulai dari pengasuhan orangtua di rumah. "SDM (Sumber Daya Manusia) di Era Revolusi Industri 4.0 harus bersaing dengan jalan yang tidak biasa," tegas Guru Besar yang juga Ketua GIGA (Penggiat Keluarga) Indonesia. Dua pemakalah berikutnya, Dr Yamin, menguraikan tentang Implementasi Pengembangan AUD Holistik Integratif, dan Dr Sukiman menjelaskan tentang peran kedua orangtua dalam Pendidikan AUD (Anak Usia Dini).  

Seminar Nasional yang juga disertakan dengan Call for Paper ini berhasil mengumpulkan lebih dari 50 artikel yang nantinya akan dimuat di jurnal-jurnal PAUD di beberapa Perguruan Tinggi Mitra FIP UMJ, demikian diungkapkan oleh Ir Adiyati Fathu Rosonah, M.Pd selaku Ketua Panitia Seminar. Para peserta Call for Paper berasal dari perguruan tinggi negeri dan swasta, seperti UPI (Universitas Pendidikan Indonesia), Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Malang, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Trunojoyo Madura (UTM), dan perguruan tinggi lainnya yang didominasi dari pulau Jawa. (WIR)