10 Dosen FIP UMJ Ikuti Pelatihan Dasar Keterampilan Instruksional

TIK FIP | 17 Jan 2020

Pelatihan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional atau PEKERTI menjadi salah satu prasyarat bagi dosen muda Fakultas Ilmu Pendidikan untuk mengurus jabatan akademik. Untuk memfasilitasi kebutuhan ini, LP3 UMJ atau Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Muhammadiyah Jakarta. 

Acara secara resmi dibuka oleh wakil Rektor 1, Ibu Dr Endang Sulastri, M.Si sekaligus memberikan materi tentang Kebijakan dalam Penetapan Dosen tetap UMJ dan kesiapan menghadapi Kurikulum PT di Era 4.0. Sesi kedua diisi oleh Bapak Dr Asep Supena, M.Psi (Universitas Negeri Jakarta) tentang Capaian Pembelajaran dalam menghadapi pendidikan abad 21 di Era RI 4.0. Setelah istirahat, sesi malam dilanjutkan dengan materi yang diberikan oleh Dr Drgantara Wicaksono, M.Pd dengan materi Design dan Model Pembelajaran Lesson Study, 

PEKERTI yang diselenggarakan oleh LP3 UMJ di Villa Tridi, Gadog tahun 2020  ini menjadi bekal dosen muda yang belum memiliki jabatan akademik. Harapannya adalah setelah mengikuti kegiatan dosen-dosen agara bisa mengembangkan keterampilan mengajar dalam proses pembelajaran di kelas.

Selain mengajar dosen juga dituntut mengembangkan literasinya, demikian Rektor UMJ, Prof Syaiful Bakhri, SH MH memotivasi peserta. dosen juga dituntut membuat buku. Selama paparan satu jam, Pak Rektor juga memberikan bebrapa kiat tentang literasi dosen, bahwa dosen harus menghasilkan sebuah karya ditengah kesibukannya mengajar, meneliti dan kegiatan akademik lainnya.

 

 

Prof Suradika mendadarkan Orientasi Baru psikologi Pendidikan. Selasa (hari kedua malam). Psikologi mengajar. Kesiapan mengajar. Bagaimana menerapkan teori belajar mengajar dan memmahai peserta didik atau mahasiswa.